5 Tips biar jago main Futsal bagi pemula

Posted: November 24, 2015 in futsal

Siapa pun pasti sudah kenal dengan olahraga futsal. Olahraga sepakdola dalam ruangan yang berkembang di Amerika Latin, dan kini telah menyebar ke seluruh dunia termauk Indonesia.

Di Indonesia, olahraga ini telah menjadi bagian gaya hidup masyarakat perkotaan dan juga pedesaan. Terutama di perkotaan, olahraga ini dimainkan oleh semua tingkatan usia, dari anak kecil hingga para pekerja. Para pekerja sendiri melihat olahraga ini sebagai bagian pergaulan mereka dengan sesama rekan kantor, sekaligus juga menyehatkan badan.

Meskipun demikian, tidak semua orang menyukai futal pada awalnya dan mulai mencoba olahraga ini ketika sudah dewasa. Nah, Bolalob memberikan tips bagi para pemula dalam olahraga ini.

1. Pemanasan itu Penting

Dalam olahraga apapun, pemanasan sangatlah penting untuk dilakukan. Hal ini agar otot-otot Anda tidak kaku saat bermain futsal yang membutuhkan banyak gerakan, seperti berlari, mengumpan, dan menendang. Lakukan pemanasan seperti olahraga lainnya dengan waktu kurang lebih 5 menit. Ada baiknya fokus untuk bagian kaki karena itu yang akan sering digunakan dalam olahraga ini.

2. Mengumpan dengan Tepat dan Akurat

Sama halnya dalam bermain bola, dalam bermain futsal pun mengumpan menjadi bagian yang tidak terpisahkan. Bahkan mengumpan menjadi salah satu elemen penting saat bermain futsal. Bagi para pemula cobalah mengumpan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Umpan yang baik adalah keras dan akurat, tapi sebagai awalnya usahakan untuk mengumpan tepat ke temanmu.

3. Menendang Sekencang-kencangnya

Menendang adalah kemampuan yang wajib kamu punyai karena pada akhirnya futsal ditentukan oleh jumlah gol. Semakin banyak tim-mu mencetak gol semakin besar pula peluang untuk menang. Banyak teknik untuk menendang bola, mulai dari kaki bagian dalam, luar, dan juga ujung kaki atau dikenal dengan istilah concong. Bagi pemula cobalah terus menendang ke gawang lawan sekencang-kencangnta, entah mau menggunakan sisi kaki bagian mana yang penting usahakan untuk mengarah ke gawang. Seiring berlatih dan bermain secara rutin, kamu akan menemukan bagian mana yang tepat untuk kamu menendang bola.

4. Adaptasi dengan Irama Permainan

Futsal cenderung bermain sangat cepat dengan pergerakan bola dari kaki ke kaki dan juga pergerakan para pemainnya. Hal ini dikarenakan lapangannya yang kecil dan banyaknya pemain yang ada membuat kamu harus bermain dengan cepat untuk mencari ruang. Usahakan pula untuk tidak terlalu lama mendribble bola. Bagi para pemula mungkin kaget karena akan membuat stamina cepat letih. Ada baiknya bagi pemula bermain selama 5 menit pada awalnya untuk kemudian meningkat menjadi 10 menit jika sudah terbiasa. Bisa saja bagi pemula berdiam diri saat bermain, tapi itu akan menyulitkan rekan-rekan yang lainnya. Jadi, lebih baik bagi pemula untuk mengatur waktu dan stamina agar mampu beradaptasi dengan cepatnya irama permainan futsal.

5. Istirahat dan Minum Air yang Cukup

Bagi pemula ada baiknya tidak memporsir stamina dan juga jangan lupa untuk minum air putih. Disaat sudah mulai letih, segeralah istirahat dan minum air secukupnya. Jangan sampai karena futsal bukannya sehat, tapi malah sakit. Ikuti irama permainan dan lamanya waktu bermain seperti yang dijelaskan oleh poin 4. Selebihnya istirahat dan minum yang cukup, seiring waktu jika bermain rutin stamina akan menguat dan waktu bermain pun akan semakin lama.

(dikutip dari bolalob.com , Foto: Bolalob)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s